Kamis, 18 April 2013

Tips Mewaspadai Pelecehan Seksual!

yap.. Zombi balik lagi. hehehe..
tema Blogger Campaign Project kali ini adalah "Sexual Harrasment in Public Transportation" (Pelecehan Seksual di Angkutan Umum)

Pelecehan seksual adalah segala tindakan atau perilaku seksual yang tidak diinginkan dan merugikan pihak yang menjadi sasaran pelecehan.

Pelecehan seksual ini sendiri paling sering terjadi pada kaum perempuan (dan aku seorang perempuan ._.). Pelecehan seksual paling sering terjadi di tempat umum, terutama angkutan umum. Kok bisa gitu, Zha? Coba kita inget-inget, kalo di angkot, bus, dan angkutan umum lainnya kondisi yang sering terjadi itu kalo nggak rame-padat-penuh-sesak, ya sepi. Nah, dua kondisi inilah kita perlu pengawasan ekstra untuk diri kita sendiri (terutama perempuan).

Pelecehan seksual bukan cuma pemerkosaan aja. Pencabulan, kayak diraba-raba, dipegang-pegang, ditoel-toel (ni bahasa apaan sih?-_-" hehehe), siul-siulan nakal itu juga pelecehan seksual!
Gambar di atas merupakan contoh pelecehan seksual yang terjadi di tempat rame. Risi banget kan kalau ada orang yang kayak gitu?! Mana lagi rame, kita jadi nggak tau siapa pelakunya. Kalau kejadiannya kayak gitu, saran aku teriak aja sekenceng-kencengnya supaya ntu orang cabul panik, dan akhirnya kita jadi tau siapa pelakunya dan kita pasti dapat bantuan dari orang-orang sekitar kita.

Satu hal yang melegakan bagiku, yaitu aku sangat bersyukur aku nggak pernah ngalamin kayak gitu di angkot atau angkutan umum lainnya (Alhamdulillah.. kalo bisa jangan sampe >_<).

Nah, disini aku mau ngasi beberapa tips untuk mewaspadai pelecehan seksual di angkutan umum. Berhubung aku selalu naik angkot, jadi aku ngasi tips yang berhubungn dengan angkot.

Pertama, jangan pakai baju yang ngundang orang lain untuk melakukan pelecehan seksual itu sendiri. Yaaahh.. baju-baju yang kurang bahan itu lah. Kayak baju-baju yang lagi tren sekarang. Contohnya, celana yang pendeknya  sampe buat aku mikir, ya ampuunn.. itu celana apa underwear yang dipakenya?-_-. Terus, baju yang kayak basahan mandi itu. Naudzubillah.. Yang ada waktu angkot lagi rame, kesempatan sama pria cabul buat pegang-pegang! idiiiiiiihhh...

Kedua, cari temen yang naik seangkot dengan kita (yang rumahnya searah). Ini biar kita ada temen selama perjalanan pulang. Apalagi kalau tiba-tiba angkot jadi sepi. Nah, kalau aku pulangnya agak kemaleman, aku selalu cari temen pulang! Dan kebetulan temen yang rumahnya searah sama aku anak laki-laki. hehehe.. Jadi kan kalau ada apa-apa, ada dia. hehe :D

Ketiga, jangan naik angkot kosong!! Apalagi kalau malam-malam dan kaca film ntu angkot gelap. Aduuhh.. bahaya banget! Kalau kita terpaksa naik angkot nggak bareng temen, pilih angkot yang agak banyakan penumpangnya. Liat-liat juga, kalau penumpangnya laki-laki semua, mending nggak usah. Kita negative thinking aja deh..

Keempat, kayak yang aku bilang di atas sebelumnya, jangan takut buat teriak. Itu bakal narik perhatian orang lain, dan bakal membantu kita ngeberantas pelaku! Atau nggak, langsung aja turun dari angkot. Biar deh ongkos kita jadi double! Yang penting kita selamat.


Kelima, sebagai perempuan, kita juga harus mampu menjaga diri sendiri walaupun tanpa laki-laki. Caranya dengan menguasai bela diri. Mau itu karate, silat, tae kwon do, dan sahabat-sahabatnya. Jadi, kalau ada yang tiba-tiba pegang-pegang, colek-colek (emang sabun colek?) langsung aja... khukhukhu.. Ciiaaaatt!!


Keenam, buat jaga-jaga bawa alat-alat buat jaga diri. Biasanya yang aku liat di tv itu kayak, kejutan listrik, semprotan anti serangga, dll lah..

oke! Itu tips-tips yang bisa aku kasiih. Beberapa diantaranya aku juga lakukan untuk jaga diri. Soalnya untuk poin yang kelima, aku belum punya alatnya. Aku cuma lihat dari tv. Mungkin mulai sekarang aku bakal bawa juga O^Ob

Sekian

3 komentar:

  1. syiiiip zha tips tipsnya. kebetulan juga aku pernah ikutan bela diri taekwondo. semoga bisa aku pergunakan dengan baik :)
    betewe itu keenamnya duluan daripada kelima. hihhiihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kereenn kak elyn jado taekwondo dong kalo gitu :3
      eh?! iya -_-
      ya ampun ceroboh banget. thx kak :D

      Hapus
  2. Hai Jombi :)
    Cara nomor lima serem juga -__-

    Semoga kalo gue naek angkot ngaak di apa-apain . Amiin

    Calam kenal yah. :)

    BalasHapus