Kamis, 18 Oktober 2012

Tawuran Sehat?? Apaan Tuh?

tawuran sehat? apaan tuh Zha??
ok ok bakal kita bahas~

emang tawuran itu sendiri apa sih?? berantem? pukul-pukulan?
tuh dah pada tau. kalo gitu nggak jadi mosting deh~ *plak!
hehehe..

tawuran itu.... dari buku sosiologiku kelas X, adalah serang-serangan antar kelompok baik itu anak-anak SMA, geng-geng, ato lainnya dengan saling lempar batu, baku hantam, bahkan sampe bawa-bawa senjata tajam yang bisa buat mati orang dalam sekali serang. OAO"
wew =.=
serem banget kan?

tapi kenapa banyak yang ngelakuin zha?
humm.. kalo gitu sebelum ngebahas tentang tawuran sehat tadi.. mari kita bahas dulu tentang tawuran itu sendiri


udah tau serem tapi tawuran masih dilakukan?! pasti ada alasan di balik itu semua.
dan selidik demi selidik.. ternyata hampir semua alasannya itu sepele. seperti permusuhan antar sekolah yang udah ada sejak NENEK BUYUT mereka. ada juga masalah pribadi, misalnya pacarnya direbut sama anak sekolah yang ternyata musuh mereka. sepele bgt kan? gara-gara cewe yang kena satu sekolah. trus ada lagi nih lebih seru, bawa-bawa nama SOLIDARITAS. misalnya gini ni, Si Bejo dari sekolah A berantem sama Si Udin dari sekolah B (maaf ya kalo ada kesamaan nama. ini cuma contoh :D). nah si Bejo kalah tuh, trus ngadu sama temen-temennya di sekolah. trus, atas nama solidaritas, mereka niat balas dendam ke sekolahnya si Udin. yang jadi masalahnya sekarang, ketika adanya pembalasan dendam, jamin kah kamu-kamu, yang kena cuma anak-anak sekolah B? atau di persempit deh, yang kena cuma si Udin and temen-temennya? nggak kan?!
bisa aja waktu terjadi acara pembalasan dendam itu ada orang, yang nggak tau menau apa yang terjadi, lewat dan akhirnya jadi korban gara-gara nggak sengaja kena serangan!.__.

korban tawuran SMA 6 dengan SMA 70, Alawy Yusianto Putra

ini lah salah satu contoh yang ku bilang tadi. kalo liat foto ini... kalian udah pasti tau. yeps! ini Alawy korban pembacokan di tawuran SMA 6 dan SMA 70 yang lagi marak-maraknya di berita. Alawy sebenarnya nggak tau apa-apa malah bermaksud untuk menghindar. tapi karena dia pake seragam SMA 6, orang lain pun salah sangka. dan akhirnya... dia pun jadi korban.

serem banget kan? karena itu.... tawuran itu sebenarnya nggak penting tau nggak seeehh!!(gaya anak alay)
kalo ada temen-temen kamu yang hobi nih ikutan tawuran yang beginian.. coba kamu beri dia pengertian. ingatkan dia akan saling menyayangi antar sesama.. trus.. nggak semua permasalahan itu harus diselesaikan dengan kekerasan, ye nggak??

kalo menurutku ni ya, sebetulnya tawuran itu hanya mengembangkan keberanian semu! ngerti nggak maksudnya?o.o
maksudku, keberanian yang hanya muncul waktu rame-rame aja. sok berani, sok kuat, padahal kalo rame-rame aja baru berani berantem. itu sama aja sembunyi dalam kelompok. NGGAK GENTLE! NGGAK SPORTIVE!

"tapi gue kesel ma ntu sekolah! gue pengen ngebuktiin kalo sekolah kita juga bagus dan nggak kalah sama mereka!"

nahh.. kalo ada temen kalian yang ngomong kayak gitu.. bilang sama dia, "kalo gitu, kita adain TAWURAN SEHAT!!" ntar temen kamu pada bengong tuh!! hahahaha

seperti yang aku bilang tadi, tawuran itu nggak gentle! and pastinya nggak sportive!
trus yang sportivenya gimana? ini dia.. makanya kita bakal buat TAWURAN SEHAT.

emang tawuran sehat itu gimana??

kita bisa ambil dari alasan-alasan yang jadi penyebab tawuran..
misalnya masalah permusuhan antar sekolah yang udah ada dari jaman nenek buyut.. apa susahnya sih saling berdamai?! toh yang bermasalah itu nenek-nenek buyut kita, bukan kita. emang mau sampe kapan musuhan? sampe udah jadi nenek buyut juga?! saling memaafkan itu mudah kok.

"nggak cukup minta maaf. kan gue udah bilang tadi.. gue mau buktiin sekolah nggak kalah bagus ma mereka!!"
sabar mas.. pembahasan belum selesai -w-b (dari tadi bicara sendiri)

mau ngebuktiin kalo sekolah sendiri nggak kalah bagus? lebih persempit dehh.. sebenarnya mau ngebuktiin kalo kamu itu nggak kalah jago dari mereka kan? hahaha.. kalo alasannya itu juga gapapa..
sebenarnya pengen adu kuat, pengen adu kehebatan!!
sepp gampang..

kita tinggal ngadain perlombaan antar sekolah dimana ngundang ntu sekolah yang buat kamu kesel. kalian bisa buat macam-macam mata lomba.

misalnya lomba tarung derajat. kamu pengen buktiian kamu itu lebih kuat!! ya kamu harus latihan giat supaya bisa ngalahkan musuh kamu itu and ngebuktiin kamu emang lebih kuat!
selain itu kita juga dapet prestasi kan? nama sekolah kita juga bakal harum di kalangan masyarakat

nggak cuma tarung derajat.. yang lain juga bisa.
ni contoh lain, kamu kesel sama anak basket sekolah lain.. latihan giat! atur kekompakan! kamu bisa kalahkan mereka dalam perlombaan!!

jadi nggak perlu deh.. tawuran berantem-beranteman!! kayak anak kecil ajaa. udah pada gede kan? udah pada ngerti mana yang baik mana yang buruk. udah pada nanggung dosa sendiri!!
coba liat kejadian Alawy! mau kayak gitu? memang Alawy nggak salah.. tapi sebelum itu, sudah ada yang meninggal gara-gara ikutan tawuran. pikirkan orang tua kalian guys!!
mereka nyekolahin kamu bukan untuk tawuran. mereka pengen kamu itu jadi anak yang SUKSES nggak cuma di dunia, di akhirat juga.
kalo kamu ngebunuh kayak pelaku pembacokan Alawy, gimana mau sukses di akhirat??

aku juga mau ngasi tips cara mencegah tawuran supaya nggak terjadi.
1. orang tua harus mengajari anaknya bahwa nggak semua masalah itu harus diselesaikan dengan kekerasan. acarkan kepada anak untuk saling menyayangi antar sesama.
2. pihak sekolah juga harus membantu dalam hal ini. mengajarkan kepada anak murid tentang ilmu sosial. ini sangat penting agar para murid bisa ngerti untuk nempatin diri di lingkungan masyarakat.
3. pihak keamanan juga sebaiknya mengadakan beberap penyuluhan tentang tawuran. supaya mereka mengerti dan nggak bakal melakukannya.
4. hindari permusuhan dengan meng-eratkan tali persahabatan. kita harus saling mengerti satu sama lain. dengan begitu nggak akan muncul perselisihan.

damai itu indah bro!

 tambahan nih! kepanjangan dari tawuran hehehe..
TAWURAN = tak tawu aturan
hahaha.. dapet dari om tuh..
waktu nyari-nyari referensi and gambar si om ngeliat.. "cha, mau tau kepanjangan tawuran?"
"ha? apa om?" tanya ku bingung
"tawuran, tak tawu aturan"
ahaha.. maksa banget ya? gapap lah Yang Penting Hepi~

kalo emang mau tawuran..mending kita TAWURAN SEHAT aja..  jadi nggak perlu luka-luka, nggak perlu pertumpahan darah, nggak perlu sampe jatuh korban! sekolah lain bakal segan sama kita karena mereka menganggap kita kuat, kalo emang itu yang kalian inginkan. toh sama-sama adu kehebatan, adu kekuatan! ya nggak? ;)

10 komentar:

  1. astaga... serem gue ngeliat gambarnya. tragis banget sih. iya bener juga, kalau kita kesel sama sekolah lain mending ngadain lomba-lomba yang positif buat nunjukin prestasi sekolah masing-masing ya.

    BalasHapus
  2. Hilangkan budaya tawuran.. tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan kekerasan.
    :)

    salam solid

    BalasHapus
  3. gambarnya, yang berdarah itu,, itumah tawurannya udah kelewatan.. .-" bener bener TAk taW atURAN... .-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu'um..
      itulah salah satu akibat tawuran. orang yang nggak berslah, yang nggak tau apa-apa bisa jadi korban juga.
      kasian bgt kan keluarga Alawynya :(

      Hapus
  4. wah wah gambar yang disensor diatas ngeri.....:(
    blogwalking from BSO member...ditunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu'um.. untuk menunjukkan betapa berbahayanya tawuran.. :(

      ok!

      Hapus